Jakarta (MAN 2 Kota Malang) — Tim Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang berhasil meraih dua medali di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek RI). Prestasi yang membanggakan ini diraih peserta didik MAN 2 Kota Malang atas nama Fairuz Daffa Al Hazza dan Aqila Razzan Setyovianto yang telah berhasil meraih Medali Perak pada bidang Matematika, Sains dan Teknologi, dan Nadiya Rahma Ihsan yang juga berhasil meraih Medali Perunggu pada bidang Matematika, Sains dan Teknologi.

Hasil ini diketahui, saat pengumuman Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun 2023 dilaksanakan pada Jum’at (11/11/23) sore di Hotel Menara Panin Sula, Jakarta Barat.

Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd bersyukur atas raihan dua medali, dari ananda Fairuz Daffa Al Hazza dan Aqila Razzan Setyovianto yang telah berhasil meraih Medali Perak dan Nadiya Rahma Ihsan berhasil meraih Mqa Perunggu pada bidang Matematika, Sains dan Teknologi.

” Alhamdulillah, prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Anak-anak diajang OPSI, dua medali yang telah diraih ini menjadi kebanggan kita di Madrasah dan Kementerian Agama. ” Syukur Kamad.

Kamad mengapresiasi dengan berterima kasih kepada Fairuz Daffa Al Hazza dan Aqila Razzan Setyovianto berhasil meraih Medali Perak pada bidang Matematika, Sains dan Teknologi.

” Atas nama keluarga besar madrasah, kami sampaikan terima kasih kepada ananda Fairuz Daffa Al Hazza dan Aqila Razzan Setyovianto yang meraih Medali Perak dan Nadiya Rahma Ihsan berhasil meraih Medali Perunggu, beserta Tim akademik dan guru pendamping yang tiada lelah melayani di semua tahapan yang dilalui.” ucap Kamad.

Sementraa itu, Dra. Hj. Wulaidah menjelaskan keberhasilan Fairuz Daffa Al Hazza dan Aqila Razzan Setyovianto setelah mengambil penelitian yang dibawa AUTOPON.

” AUTOPON ini adalah Automatic Rumpon, untuk Meningkatkan Produktivitas Perikanan Laut Indonesia, atraktor ikan dengan menggunakan 3 jenis atraktor yang bekerja otomatis dengan sistem arduino, ” Jelas Hj. Wulaidah.

Sedangkan menurutnya, Nadiya Rahma Ihsan berhasil meraih Medali Perunggu pada bidang Matematika, Sains dan Teknologi setelah membawa penelitian “In silico and Molecular Dynamics Simulation Analysis of Methanol Extracs from the Leaves and Stems of “Rhizophora mucronata” as Potent Inhibitors of p56lck Tyrosine Kinase (LCK) in Breast Cancer Therapy”.

“Penelitian ini menggunakan metode in silico dan simulasi dinamika molekuler yang menghasilkan senyawa terbaik sebagai kandidat potensial untuk menjadi obat penyakit kanker payudara.” ujar Bu Wulaidah panggilan akrabnya.

Ia juga menjelaskan bahwa keberhasilan penelitian ini berhasil mengalahkan ribuan peserta dari beragam wilayah Indonesia, dan harapannya mampu membanggakan Indonesia di ajang internasional.

” Prestasi anak-anak ini tidak terlepas kolaborasi yang padu antara civitas akademika MAN 2 Kota Malang yaitu stakeholder, guru, pembina, alumni serta Komite Madrasah yang terus melakukan pelatihan intensif dan suport dalam kegiatan prestasi peserta didik.” ucapnya.

Tradisi Prestasi Nasional di Kemendikbud ini menunjukkan komitmen MAN 2 Kota Malang dalam mempertahankan prestasi di bidang akademik dan mewujudkan generasi unggul.

“:Semoga dengan kesuksesan peserta didik setiap tahun, kita harapkan pencapaian ini menjadi motivasi dan teladan bagi yang lainnya, dan untuk Fairuz Daffa Al Hazza, Aqila Razzan Setyovianto dan Nadiya Rahma Ihsan semoga kedepan dapat mewujudkan impian untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah global.” Ucap Hj. Wulaidah Bangga.

Tahapan OPSI 2023 dan Sosialisasi : 13 Maret 2023, kemudian pendaftaran dan pengunggahan proposal penelitian : 20 Maret – 30 April 2023, selanjutnya seleksi administrasi peserta 1-5 Mei 2023, kemudian Review proposal penelitian : 8 – 12 Mei 2023,  penyampaian hasil review proposal penelitian : 18 Mei 2023, dan pelaksanaan penelitian: 18 Mei-30 September 2023, dilanjutkan pengunggahan laporan hasil penelitian : 15-30 September 2023, dan Penilaian Naskah Penelitian: 9 – 14 Oktober 2023, dan pada pengumuman finalis OPSI: 20 Oktober 2023, hingga pengumuman hasil penelitian : 1-6 November 2023 dan penentuan pengumuman 10 November 2023. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait